IPA merupakan mata pelajaran di SMP, dimana IPA terdiri dari fisika,kimia dan biologi. Keterpaduan antara fisika, kimia dan biologi menjadi tantangan di dunia pendidikan khususnya di jenjang pendidikan SMP. Hal ini menuntut guru untuk lebih ekstra dalam memahami kajian keterpaduan tersebut

Minggu, 08 Januari 2017

Posted by Lukman,M.Pd.Si on 04.56 with No comments
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMPN Simpang Kosgoro
Kelas / Semester : VIII  / Ganjil
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator : 1. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
2. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
3. Membedakan metamorfosis dan metagenesis.
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui Studi Pustaka Peserta didik  dapat Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.
2. Melalui Studi Pustaka Peserta didik  dapat Membedakan pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.
3. Melalui Studi Pustaka Peserta didik  dapat Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.

Materi Pembelajaran : Pertumbuhan dan Perkembangan
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
  Metode
- Diskusi kelompok
- Eksperimen

Alokasi Waktu : 2  x 40 Menit

Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit)
. Motivasi dan apersepsi
- Pernahkah kalian memperhatikan mengapa seorang bayi mungil dapat berubah menjadi anak kecil?
- Bagian manakah dalam tumbuhan yang mengalami pertumbuhan terminal?
. Prasyarat pengetahuan
- Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan?
- Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan terminal?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti (50 Menit)
. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
. Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (gen, nutrisi, hormon, dan lingkungan).
. Wakil tiap kelompok diminta mengambil sebuah kardus mi instan dan dua pot yang baru tumbuh.
. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.
. Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan guru.
. Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pertumbuhan terminal.
. Peserta didik berdiskusi kelompok perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
. Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan pada tanaman
. Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan pot kecil yang dilubangi bagian bawahnya, penggaris, tanah yang subur, dan biji jagung atau beras.
. Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
        .    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian metagenesis.
. Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai metagenesis pada tumbuhan paku dan ubur-ubur.
. Wakil tiap kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
. Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan embrionik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai tahapan-tahapan pembelahan zigot.
. Wakil tiap kelompok diminta mengambil penggaris atau meteran, timbangan, dan hewan peliharaan misalnya mencit.
. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan pada hewan
. Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan guru.
. Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
. Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan yang telah dipersiapkan oleh guru.
. Peserta didik dengan kelompoknya membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup (20 Menit)
. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama baik.
. Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu Jl.2A  halaman 1-22
b. Carta metamorfosis dan metagenesis
c. Video pertumbuhan dan perkembangan
d. Alat dan bahan praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
- Isian
- Uraian
c. Contoh Instrumen:
- Instrumen tes isian
Pergiliran keturunan antara fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup disebut ....
- Contoh tes uraian
Jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.



Terawas,      Agustus 2015
Mengetahui               Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


Lili Suryani,S.S                  Lukman,S.Pd M.Pd.Si
NIP 19760408 200501 2004 NIP 19840427 200903 1006  

Categories:  

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Categories

Pages

Text Widget

IPA merupakan mata pelajaran di SMP, dimana IPA terdiri dari fisika,kimia dan biologi. Keterpaduan antara fisika, kimia dan biologi menjadi tantangan di dunia pendidikan khususnya di jenjang pendidikan SMP. Hal ini menuntut guru untuk lebih ekstra dalam memahami kajian keterpaduan tersebut

Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Random Posts

Statistik Blog

Elegant Themes

Video of Day

News

Fashion Era

Design

Shooting

Racing

Bottom

Sponsor Advertisement

Pemerintahan & Pendidikan

About us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Advertisement

Latest From Lifestyle

Video of Day

Join Us

Advertisement

Ads

Laman

Laman

Advertisement

Laman

Advertisement With Us

Laman

Laman

Laman

Technology

Popular Posts

Popular Posts

Copyright © Blog Guru IPA | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com